Air Terjun Sampendabah Berada kawasan TWI Dairi

 

Dairi Bara News |  Taman Wisata Iman (TWI) yang berada di Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi, tak hanya menyuguhkan spot wisata religi yang menyuguhkan tempat ibadah 6 agama di Indonesia. Di balik itu, destinasi unggulan ini juga menyimpan keindahan alam berupa air terjun yang indah yang beri nama Air Terjun Sampenbadah.

Bagi Anda yang ingin menuju ke lokasi air terjun yang terletak di bawa objek wisata Bukit Golgota ini, Anda harus menyusuri jalan sepanjang 300 meter yang akses jalannya telah dibuat anak tangga untuk memudahkan pengunjung. Sepanjang jalan, Anda disambut gemuruh suara air terjun.

Anda juga harus berhati-hati, karena jalan yang menurun dan berkelok di bawah tebing ini kondisinya licin lantaran banyak ditumbuhi lumut dan rerumputan.
Sesampainya di bawah Anda akan terkejut, ternyata ada dua air terjun di sana. Selain air terjun Sampendabah yang tingginya lebih kurang 35 meter, sumber airnya berasal dari Sungai Lae Pendaroh, juga ada air terjun lain yang diberi nama air terjun tujuh tingkat Lae Janji yang tingginya sekitar 20 meter yang air berasal dari Sungai Janji.

Rasa lelah yang Anda rasakan seakan hilang saat melihat keindahan air terjun yang dikelilingi pepohonan nanasri. Percikan air terjun yang jatuh di bebatuan dan terbang terbawa angin membuat sejuk saat mengenai tubuh. Udaranya yang segar membuat Anda ingin berlama-lama di sana.
Bagi Anda yang ingin berkunjung, ada beberapa larangan yang harus dipatuhi saat berada di lokasi air terjun

Sampendabah, yakni tidak boleh berkata-kata sembarangan (kotor), buang air kecil dan besar sembarangan dan mandi serta berselfi/foto di batas yang telah ditentukan.

“Juga membawa makanan dari daging babi dan anjing, serta membuang sampah sembarangan,” kata Dendro Kudadiri warga setempat yang juga petugas di TWI.
Menurut Dendro, nama Air Terjun Lae Janji punya sejarah tersendiri, Dimana konon Raja Sisingamangaraja Berjanji( Berdamai ) dengan Belanda.
( Luga Suregar )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed