oleh

Pagi Ini, Kepulauan Nias Diguncang Gempa Tak Berpotensi Tsunami

 

Kepulauan Nias, Baranews — Pagi ini wilayah Kepulauan Nias diguncang gempa bumi dengan Magnitudo 6,4 mengguncang Nias Barat, Sumatera Utara (Sumut) Selasa, (20/4/2021) pagi pukul 06.58 WIB. Pusat gempa berada di 142 kilometer Barat Daya Nias Barat dengan kedalaman 10 kilometer.

Dari analisis BMKG melalui akun Twitter @infobmkg, gempa berada di koordinat 0,21 Lintang Utara (LU) dan 96,42 Bujur Timur (BT). Gempa diinfokan tidak berpotensi tsunami.

“#Gempa Mag:6.4, 20-Apr-21 06:58:20 WIB, Lok:0.21 LU,96.42 BT (142 km BaratDaya NIASBARAT-SUMUT), Kedlmn:10 Km, tdk berpotensi tsunami #BMKG,” tulis BMKG dalam akun Twitter.

Memang wilayah Kepulauan Nias rawan terhadap ancaman gempa bumi, oleh sebab itu pemerintah sekepulaun Nias bersama masyarakat perlu mewaspadai ancaman potensi gempa bumi. Pemerintah daerah wilayah Kepulauan Nias perlu mempersiapkan masyarakat beradaptasi dengan potensi ancaman gempa bumi yang terjadi sewaktu-waktu. Masyarakat harus dipersiapkan menghadapi kemungkinan terburuk akibat dampak dari bencana alam, ungkap Yaredi Waruwu (YW), Nias, Selasa (20/04/2021).

Mitigasi kebencanaan melalui edukasi dan simulasi harus terus dilakukan agar meminimalisir risiko yang terjadi. Baik terhadap dampak ekonomi, sosial, kegiatan belajar mengajar baik di kampus maupun di sekolah.

Sebab, potensi kebencanaan di wilayah Kepulauan Nias ini sangat besar khususnya bencana gempa bumi, tambah Yaredi Waruwu (YW).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed