oleh

Menjaga dan Mendidik Anak di Era Digital

 

Senin, 30 Agustus 2021, Jam 13.00 WIB

GUNUNGSITOLI , BARANEWS SUMUT | Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi., dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang MENJAGA DAN MENDIDIK ANAK DI ERA DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pembahasan tentang menjaga dan mendidik anak di era digital sangatlah penting. Sebelum anak terjun di dunia digital, orang tua harus mengetahui dampak postif dan negatif yang ada di media sosial atau digital. Salah satu dampak negatif yang ada di media sosial ialah rekam jejak digital yang tidak dapat ditinggalkan dan berita hoax yang tersebar luas di media sosial. Masyarakat menggunakan teknologi untuk berbagai kegiatan pribadi, sosial, pendidikan, bisnis, dan mengisi waktu luang. Akses internet membuat dunia dalam genggaman. Berperilakulah dengan baik terhadap orang di dunia maya, jangan sebar hoaks, serta hati-hati dengan rekam jejak digital yang pernah dibuat. Tips aman mengelola jejak digital, meliputi hindari penyebaran data-data penting, gunakan password yang kuat dan berbeda tiap akun, atur privasi di media sosial, perbarui software dan aplikasi di perangkat, unduh ativirus, serta tidak menggunakan wifi publik.

Hal yang perlu orang tua lakukan untuk menjaga anak di dunia digital, antara lain mintalah anak untuk tidak mengunci akun agar tetap terpantau, mengajak kritis menyikapi informasi, penggunaan media blog dapat melatih anak untuk menjadi penulis, ingatkan menghindari tayangan iklan rokok, miras, dan narkoba, eksplorasi minat dan bakat dengan informasi yang ada, menanamkan etika berkomunikasi di media sosial, serta konsisten menerapkan hukum jika melanggar dan apresiasi jika berhasil. (RED)

Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *