oleh

Pengelolaan Keuangan Desa Sabungannihuta lV Kecamatan Sipahutar Menjadi Sorotan Warga Sipahutar

Baranessumut.com | Taput – Penggunaan keuangan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) desa Sabungannihuta IV, Kecamatan Sipahutar Kabupaten Tapanuli Utara menjadi bahan perbincangan warga kecamatan Sipahutar sejak adanya temuan Baranessumut.com terkait pengaspalan Jalan Adian – Sigalagala sudah mengalami kerusakan dimana belum genap setahun lamanya. Pengaspalan tersebut dibiayai dari Dana Desa tahun anggaran 2021 dengan pagu anggaran Rp. 380. 717. 428,- (Tiga Ratus Delapan Puluh Juta Tujuh Ratus Tujuh Belas Ribu Empat Ratus Dua Puluh Delapan Rupiah)

 

Dalam kunjungan dua kali tim media Baranews pada tanggal  31 Agustus 2022 dan 13 September 2022 namun Kepala Desa tidak berada di kantor Desa Sabungannihuta IV, dan terus diupayakan untuk konfirmasi lewat  telepon seluler dan via Aplikasi Wa namun tidak dijawab.

 

Kepala Desa Sabungannihuta IV Partomuan Simanjuntak terkesan menghindar dari tim media Baranews, dimana seharusnya sebagai Kepala Desa adalah sebagai pengelola Keuangan Desa dimana itu bersumber dari keuangan Negara dari rakyat.

Pada 14 September 2022 , Partomuan Simanjuntak dikonfirmasi langsung di Kantor Camat Sipahutar setelah selesai mengikuti rapat kecamatan. Partomuan menjelaskan bahwa semua ada pun kerusakan karena faktor alam.

Gambar |  Jalan Nampak Terkelupas  Pada Beberapa Titik

“ Sudah sesuai dengan RAB itu, kalau ada temuan yang kurang konfirmasi dulu,jangan langsung dinaikkan berita kalau belum jelas, bisa kami somasi. Apa salahnya kita bersahabat. Jangan begitu begitulah. Jelas kau lihat itu, karena terkelupas alat berat pada pengerukan longsor ke jalan waktu itu.” jawab Partomuan Simanjuntak kades Sabungannihuta IV.(14/10/2022)

Ditanya mengapa terjadi kerusakan ada juga dibeberapa titik yang berjauhan dijalan tersebut.

“ Itu karena aliran air dimusim hujan,”jawab Partomuan.

Lebih lanjut,  ditanya tentang kegiatan pemutakhiran data SDGS dimana pada papan APBDes 2021 tertera anggaran Rp. 38.131.600,- dimana menurut penjelasan dari Rahman Paber Simanjuntak sebagai bendahara Desa Sabungannihuta IV menjelaskan bahwa adanya belanja pembelian Smartphone untuk mendownload dan menginfut data terkait pemutakhiran data SDGS 2021, Namun Partomuan membantah dan menjelaskan bahwa pada pendataan SDGS 2021 tidak ada pembelanjaan Smarphone.

Gambar | Pada Papan Informasi RAPBDes Tahun 2021 Desa Sabungannihuta IV

“ Tidak ada, iya itu untuk jasa petugas beserta ATKnya.” Tutup Parto.

Dengan terbitnya berita ini diharapkan kepada pihak Dinas terkait dan Aparat Penegak Hukum untuk menindak lanjuti Audit Keuangan Desa Sabungannihuta IV Kecamatan Sipahutar sebab dari penjelasan yang berbeda dari bendahara desa dan kepala Desa terkait pengelolaan keuangan Desa diduga kuat adanya praktik Mark Up dan fiktif juga tidak menutup kemungkinan adanya tindakan melanggar hukum.

(TS)

 

Berita Sebelumnya :

Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.